Jumat, 21 Agustus 2009

model-model permainan pembelajaran matematika kelas awal Aplikasi Teori Belajar DIENES

1. Tebak Angka
Tujuan:
1. Melatih kemampuan untuk memperkirakan karakter bilangan,
2. Melatih siswa berpikir logis
3. Melatih siswa berpikir praktis
4. Melatih siswa untuk berkompetisis
5. Melatih siswa untuk berinisiatif
6. Melatih rasa percaya diri siswa
7. Melatih kemampuan verbal siswa
Kelas: 2 dan 3
Materi : bilangan
Jumlah pemain: seluruh siswa di kelas
Alat dan bahan: pensil dan kertas

Cara permainan:
a. Guru memberikan tebak-tebakan angka kepada para pemain (siswa).
b. Guru mempunyai angka rahasia yang harus ditebak oleh semua pemain di kelas. Guru hanya memberitahukan rentang tersebut kepada para pemain.
c. Sebagai pemanasan, guru hendaknya mengambil rentang angka yang kecil, misalnya 1 sampai 10. selanjutnya, guru bisa mengambil rentang angka yang besar, misalnya 100 sampai 500.
d. Biarlah pemain bertanya megenai karakter angka rahasia itu, misalnya apakah angka ganjil atau genap, apakah habis dibagi 5, apakah berakhiran angka 0, dan seterusnya. Guru hanya menjawa ”ya” dan ”tidak”
e. Pemain menuliskan pertanyaan dan jawaban di atas kertas.
f. Pemain menjawab pertanyaan berdasarkan kesimpulan yang ditulisnya.
g. Jika jawaban salah, pemain tersebut tidak boleh lagi menjawab pertanyaan. Sebaliknya, jika jawabannya benar, ia akan mendapatkan hadiah

Variasi Lain: Pertanyaan Pemain Bisa Divariasi Misalnya Hanya Boleh Mengajukan Pertanyaan Sebanyak 3 Buah.

2. Ayo, Berdiri!

Tujuan:
a. Mengenali karakter bilangan beserta hubungannya,
b. Melatih siswa berinisiatif
c. Melatih siswa untuk kreatif
d. Melatih kemampuan verbal siswa,
e. Melatih siswa berpikir logis.

Kelas: 2 dan 3
Materi : bilangan
Jumlah pemain : seluruh siswa di kelas
Alat dan bahan : kartu angka, pensil, dan kertas

Car Permainan :
a. Masing-masing pemain mengambil kartu angka yang telah dipersiapkan oleh guru secara acak. Angka-angka tersebut memiliki rentang angka 1 sampai 100
b. Mereka menuliskan sebanyak-banyaknya sifat-sifat atau karakter dari angka yang diambil di atas kertas. Sebagai contoh, jika yang diambil adalah angka 25, siswa bisa menuliskan ”kelipatan 5”, ”kurang 10 dari 35”, ”jumlah dari 13 dan 12”, ”nomor rumahku”, dan sebagainya.
c. Jika semuanya pemain telah menuliskan sifat atau karakter dari angka yang dimilikinya, guru bisa meminta salah seorang pemain untuk ke depan kelas dan membacakan tulisannya.
d. Pemain yang lain duduk dan mendengarkan pemain yang sedang membacakan pertanyaan mengenai sifat atau karakter angka yang dimilikinya satu per satu. Jika ada pemain yang memiliki pertanyaan sama dengan yang dibacakan di depan kelas maka ia harus berdiri.
e. Sebagai contoh, siswa A yang dimiliki angka 25 berdiri di depan kelas dan menyebutkan salah satu sifat atau karakter dari angka yang dimiliki, yaitu ”kelipatan 5”. Siswa B yang memiliki angka 10 juga menuliskan pertanyaan yang sama, yaitu ”kelipatan 5” maka siswa B harus ikut berdiri.

3. Keliling Lapangan

Tujuan :
a. Mengembangkan kemampuan dalam perkiraan
b. Maltih kemampuan dalam pengukuran
c. Mempelajari hubungan antara penjumlahan dan perkalian
d. Melatih kemampuan analogi siswa
e. Melatih kemampuan berkreasi

Kelas : 3
Materi : geometri
Jumlah Pemain :1 tim (3 orang)
Alat dan bahan : alat pengukuran, kertas, pensil, dan lapangan olahraga atau taman.

Cara Pemainan :
a. Pada babak pertama, semua tim diwajibkan mengukur keliling lapangan tanpa menggunakan alat. Mereka bisa mengukur keliling lapangan dengan anggota tubuh, misalnya jengkal, depa, atau langkah.
b. Sebelumknya, meraka mengukur terlebih dahulu panjang satu jengkal, satu depa, satu langkah, dan sebagainya dengan alat ukur. Misalnya, 1 jengkal sama dengan 20 cm, 1 depa sama dengan 100 cm, dan seterusnya.
c. Mereka menuliskan hasil pengukuran di kertas dalam satuan meter.
d. Pada babak kedua, semua tim mengukur keliling lapangan dengan alat-alat di sekitar. Misalnya, tali, kayu dan sebagainya.
e. Sama seperti sebelumnya, para pemain mengukur terlebih dahulu panjang dari alat yang akan digunakan.
f. Mereka menuliskan hasil pengukuran di kertas dalam satuan meter.
g. Pada babak ketiga, semua tim beserta guru mengukur keliling lapangan secara bersama-sama dengan menggunakan alat ukur.
h. Guru mengumumkan keliling lapangan yang sesungguhnya. Pemenang adalah tim yang hasil pengukurannya sama dengan atau hasil yang sebenarnya.

variasi: menggunakan konsep pengukuran, berat, volume atau konsep pengukuran lainnya


by: nur_lita
Jadikan hati dan diri bermakna bagi hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jejakkan saran, kritik n komentar sobat di sini!!!