Senin, 08 Maret 2010

Melatih Kemampuan Berpendapat Anak dengan permainan "Cerita Berantai"

Bermain adalah sesuatu yang sangat disukai anak dan menjadi hal yang paling mengasyikkan bagi mereka. Usia bermain biasanya dilakukan oleh anak usia sekolah. Melalui permainan mereka dapat mengekspresikan dan mengaktualisasi diri dalam berinteraksi dengan teman, orang tua dan lingkungannya. Berdasarkan hasil riset mengajarkan anak melalui pendekatan belajar sambil bermain, jika diterapkan dengan benar pada anak akan mempengaruhi perkembangan kecerdasan, kreativitas, dan tingkah laku anak. Nah,,, kali ini saya akan mengenalkan permainan yang mungkin bisa membantu anak berani mengemukakan pendapat, berani berkomunikasi, berimajinasi dan mengasah daya pikirnya dalam bercerita. Permainan ini dilakukan secara berkelompok, dapat dilakukan di halaman atau di ruangan, jumlah peserta anatara 20-40 anak dengan usia 5-18 tahun. Cara permainan ini adalah sebagai berikut:

1. Guru mengajak siswa membentuk satu lingkaran besar.
2. Guru menjelaskan tujuan permainan dan memberikan tema cerita yang akan dibuat bersama-sama.
3. Guru menyiapkan catatan untuk mencatat cerita siswa. Siswa pertama di persilakan bercerita satu kalimat. Kegiatan bercerita diteruskan oleh siswa lain di sebelah kanannya dan berlangsung seterusnya hingga siswa terakhir.
4. Guru harus bisa mengatur agar cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan ceritanya. Cerita berakhir jika semua siswa telah bercerita.
5. Setelah seluruh cerita selesai, guru membacakan kembali cerita yang dibawakan siswa dan siswa diminta memberi komentar pada cerita yang sudah mereka bawakan.

Permainan ini mengasah daya kreatif anak. Guru mengatur alur yang dibuat siswa sehingga tamat pada cerita siswa terakhir. Usahakan setiap siswa terlibat dan memberi andil pada cerita bersama. Guru merekam semua informasi yang diperoleh dari siswa. Tema cerita yang digunakan harus sesuai dengan usia dan perkembangan siswa agar cerita yang mereka bawakan lebih menarik. Guru bisa memberi pilihan tema yang akan diceritakan. Dia juga bisa memotong cerita sebagian dan dilanjutkan dengan cerita siswa. Kegiatan ini akan terus dapat berkembang jika tokoh-tokohnya atau ceritanya juga dikembangkan.

by: nur_lita
Jadikan hati dan diri bermakna bagi hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jejakkan saran, kritik n komentar sobat di sini!!!